-->
Kare India
Kare atau yang kita kenal dengan Kari adalah sebutan untuk makanan yang dimasak dengan bermacam-macam rempah sehingga menimbulkan cita rasa tajam dan pedas. Kare berasal dari Asia Selatan khususnya India, namun kini sudah dikenal di berbagai seluruh penjuru dunia. Kata kare berasal dari bahasa Tamil yaitu kata kari yang berarti saus. Kata ini biasanya dipakai untuk menunjukkan jenis makanan yang terbuat dari daging atau sayuran yang dimasak dengan bumbu, dengan atau tanpa kuah. Di Pakistan dan India Selatan kare lazim disantap dengan nasi atau roti.
Bumbu yang digunakan untuk membuat kare sangat beragam tergantung jenis dan negara asal masakan kare tersebut. Rempah-rempah yang biasa digunakan antara lain kunyit, ketumbar, jintan, merica, cabai, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, adas manis dan cengkeh. Untungnya pada masa sekarang, kini kita tak perlu repot-repot meramu dan menghaluskan semua bahan karena bumbu kare sudah tersedia dalam bentu pasta, blok atau bubuk.

Kare di Jepang
Di Jepang kare adalah makanan yang populer. Kare pertama kali diperkenalkan ke Jepang pada era Meiji oleh bangsa Inggris. Makanan ini selanjutnya dijadikan sebagai ransum angkatan darat dan angkatan laut Jepang. Kemudian menjadi populer di masyarakat luas. Survey yang diadakan oleh Kementrian Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Jepang beserta Japan Canners Association menyebutkan bahwa rata-rata orang Jepang mengkonsumsi kare sebanyak 84 kali dalam setahun.
Kare Jepang (Curry Rice)
Di Jepang kare biasa disantap dengan nasi (kare raisu/curry rice), disajikan bersama acar, kacang atau kismis di atas piring dan dimakan dengan sendok. Hidangan yang biasa disantap pada waktu siang ini lazimnya berisi bawang bombay, wortel, kentang, seledri atau terong dan tentunya daging. Daging yang digunakan pun bervariasi mulai dari daging sapi, daging babi, daging ayam maupun daging bebek. Kare daging babi lebih disukai di Tokyo, kare daging sapi terkenal di Osaka, sementara Okinawa kare daging ayam lebih populer. Selain di sajikan bersama nasi, kare bisa dihidangkan bersama udon (kare udon), dijadikan isian roti (kare pan) dan lain sebagainya. Umumnya kuah kare jepang terasa lebih kental karena ditambahi terigu dan rasanya kurang pedas. Bumbu kare biasanya dijual dalam bentuk blok atau bubuk, tersedia pula kare instan dalam kemasan yang tinggal dipanaskan sebelum disantap dengan nasi.
Kare Raisu
Kare Udon
Tonkatsu Kare

Source : Animonster, Wikipedia, Orange Page

Comments (0)