-->
Suasana kota Sapporo pada saat festival
Sebagai kota besar di Hokkaido, Sapporo memiliki daya tarik tersendiri yang mungkin tak akan bisa dijumpai di tempat lain di Jepang. Kota yang terkenal dengan kuliner dan saljunya ini setiap tahun menyelenggarakan sebuah festival unik yang disebut Sapporo Yuki Matsuri (Festival Salju Sapporo). Festival yang digelar setiap Bulan Februari ini sangat terkenal di Jepang bahkan juga dikenal di mancanegara. Beberapa tahun belakangan ini jumlah pengunjungnya bahkan mencapai 2 juta setiap tahun! Hmm, apa yang membuat festival ini begitu istimewa?

Salah satu poster snow festival
Sapporo Yuki Matsuri adalah salah satu festival musim dingin terbesar yang diadakan di Jepang. Ide penyelenggaraan festival ini diambil dari festival salju yang diadakan oleh murid-murid SD di kota Otaru tahun 1935. Selanjutnya pada tahun 1950, Festival salju pertama pun digelar di Odari Park dengan 6 buah patung salju yang dibuat oleh 6 pelajar SMA seni setempat dengan bimbingan dari guru. Pada waktu yang bersamaan, Japanese National Railways (JNR, sekarang JR) juga menggelar festival salju serupa di depan stasiun Sapporo dengan ragam kegiatan seperti aneka perlombaan, pertunjukan tari, parade dan pemutaran film. Meski ada beberapa gangguan ketika acara berlangsung, namun secara keseluruhan festival ini sukses dan diputuskan untuk diadakan lagi pada tahun berikutnya.


Aneka boneka salju pada saat festival
Pada tahun 1950 festival ini mulai menarik pengunjung dari luar Sapporo dan pada festival ke-23 pada tahun 1972, festival ini diselenggarakan berbarengan dengan Olimpiade Musim Dingin dan turut dipromosikan di luar negeri. Sejak saat itulah Festival Salju Sapporo dikenal oleh masyarakat mancanegara. Dua tahun berikutnya, festival ini semakin meriah dengan adanya kontes seni pahat es internasional yang diikuti oleh Kanada, Amerika Serikat, Perancis, Korea Selatan dan tentunya Jepang sendiri.

Salju yang diperlukan untuk membuat patung-patung dalam festival ini biasanya diangkut dengan menggunakan alat berat yang disediakan oleh pemerintah. Namun, bila pada tahun tersebut salju yang turun di Sapporo tidak banyak, maka Pasukan Bela Diri Jepang akan mengulurkan tangan dan membawakan salju dari luar Sapporo. Dari tahun ke tahun, festival salju ini makin popular dan atraksi yang disuguhkan bagi pengunjung semakin beragam. Tema yang digunakan juga berubah-ubah misalnya pada tahun 2004 tema yang ditetapkan adalah bangunan atau orang terkenal. Lokasi penyelenggaraan festival ini pernah beberapa kali mengalami perubahan namu sejak tahun 2009 lalu festival salju Sapporo di gelar di tiga tempat yaitu : Odori Park, Susukino dan Tsudome.
 
Odori Park
Odori Park adalah panggung utama penyelenggaraan festival salju Sapporo. Di tempat ini pengunjung bisa melihat ratusan patung salju yang indah; banyak diantaranya yang berukuran besar dan memiliki detil yang rumit. Odori Park merupakan tempat favorit para pengunjung karena selain tempatnya luas, pada malam hari tempat ini terlihat indah dan romantis karena permainan cahaya warna-warni dari lampu yang menyorot patung-patung tersebut. Keindahan Odori Park juga bisa dinikmati dari atas menara TV yang ada didekatnya.
Suasana malam hari di Odori Park
Salah satu patung salju di Odori Park
Susukino Ice Festival
Susukino adalah daerah hiburan malam yang berada tak jauh dari stasiun Sapporo. Saat festival berlangsung jalanan yang menjadi berlangsungnya acara akan ditutup bagi kendaraan. Tempat ini baru resmi menjadi bagian Festival Salju Sapporo sejak tahun 1983. Di Susukino kita bisa menikmati keindahan pahatan es yang diikut sertakan dalam kontes, menonton kontes kecantikan Snow Queen dan Miss Sapporo, atau menikmati lezatnya makanan yang dijual di kedai-kedai yang ada di sepanjang jalan.
Berbagai pahatan es berbentuk hewan
Pahatan es berbentuk burung merak
Tsudome
Tsudome atau Sapporo Community Dome menjadi bagian Festival Salju Sapporo sejak 2009. Sebelum dipindah ke Tsudome, festival ini diselenggarakan di Sapporo Satoland. Di tempat ini kita bisa menjumpai patung-patung salju seperti yang ada di Odori Park ditambah dengan berbagai wahana seperti seluncuran salju, labirin salju, perang salju dll. Tempat ini paling cocok dikunjungi bersama keluarga.
Berselancar es menggunakan kendaraan khusus

Salah satu arena seluncuran es di Tsudome
Source : Animonster, Wikipedia, snowfes.com, city.sapporo.jp

Comments (0)