-->
Salah satu festival berbahaya di Jepang
Onbashira dapat diterjemahkan secara harfiah sebagai “pilar-pilar terhormat”. Festival Onbashira dikenal secara terus-menerus dan tidak pernah terganggu selama 1.200 tahun. Festival ini diadakan setiap 6 tahun sekali di kuil Suwa Taisha di Suwa-shi, Prefektur Nagano, pada tahun-tahun dari Monyet dan Harimau pada shio China, namun penduduk setempat mungkin mengatakan “sekali dalam tujuh tahun,” karena kebiasaan tradisional Jepang yang memasukkan tahun yang sedang berjalan ketika menghitung panjangnya waktu. Festival ini terdiri dari tiga tahap, Kiotoshi, yaitu meluncurkan batang pohon menuruni bukit, Kawagoshi, yaitu menyebrang sungai, dan Tate Onbashira, yaitu mendirikan batang pohon di kuil.
Kematian dan cedera bukan hal yang tidak biasa dalam festival ini
Batang-batang pohon ditarik menggunakan tali sepanjang 300-400 meter
Festival ini berlangsung selama dua bulan, yaitu dari bulan April dan Mei. Bagian Kiotoshi dan Kawagoshi berlangsung pada bulan April. Pada puncaknya, 30-40 orang duduk di batang pohon sepanjang 17 meter, yang masing-masing memiliki bobot seberat lebih dari 10 ton, dan meluncur menuruni bukit yang curam. Kematian dan cedera bukan hal yang tidak biasa dalam festival ini. Batang-batang pohon tersebut digunakan untuk membangun kembali kuil Suwa Taisha untuk memperbaharui daerah tersebut secara spiritual melalui para dewa yang hidup di pepohonan. Selama bagian Tate Onbashira, seluruh kota Suwa berada dalam suasana yang meriah. Ada banyak penjual makanan dan suvenir yang melapisi jalan di seluruh kota.
Para pemuda duduk di atas pohon yang akan segera meluncur
Kemeriahan festival Onbashira
Selama bagian Tate Onbashira, batang pohon cemara raksasa, yang telah ditebang sebulan sebelumnya dari hutan purba di sekitarnya, diseret melewati kota menuju ke kuil Suwa Taisha. Puncak dari Tate Onbashira adalah mendirikan pilar di kuil, dimana para pemuda duduk di batang pohon tersebut pada saat mereka diangkat menuju posisi yang tepat. Penduduk setempat percaya bahwa hal ini akan memperbaharui kuil secara spiritual karena kekuatan pada dewa pohon.
Batang pohon yang sudah didirikan di kuil Suwa Taisha
Festival ini terjadi akhir pekan pertama pada bulan April 2010. Jika kalian ingin menyaksikannya, buatlah rencana dari sekarang karena festival ini tidak akan terjadi lagi selama 6 tahun. Lebih dari 2 juta orang menghadiri acara pada tahun 2004. Jadi jika kalian cukup beruntung bisa berada di sekitar wilayah Chubu di bulan April 2017, jangan lupa untuk menghadiri festival ini.

Source : Animonster, toodswanderlings.com, jnto.go.jp, akitajet.com, phatworld.wordpress.com, etc

Comments (0)